Senin, 12 November 2012

tips berorganisasi dengan baik


TIPS BERORGANISASI DENGAN ASYIK


Dunia kampus erat sekali hubungannya dengan Organisasi. Yang mana tujuan dari organisasi adalah untuk  menambah pengalaman, pengetahuan, pengembangan diri dan teman yang tak mungkin didapatkan dari bangku perkuliahan kampus. Sekarang tak jaman lagi mahasiswa menerapkan sistem D3 (datang, duduk, diam) ataupun K3 (kos, kampus, kuliah), kalau mahasiswa sekarang masih menerapkan sistem tersebut, sudah barang tentu dia akan menjadi mahasiswa hedonis dan tidak peka terhadap fenomena sosial yang ada, dan tentunya pola berpikirnya juga masih sempit, dan bila hal tersebut diterus-teruskan, maka kemungkinan besar akan menjadi generasi penerus bangsa yang hanya peduli pada dirinya sendiri.
  Banyak mahasiswa yang memilih menghabiskan waktu diluar jam perkuliahan dengan fokus berorganisasi. Manfaat yang didapatkannya pun sangat bayak antara lain mereka dapat mengembangkan bakat yang telah mereka miliki dan membantu mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja nantinya. Selain itu, berorganiasasi mampu menjadi salah satu akses bagi mahasiswa untuk menunjukkan eksistensi serta menjadi jalan untuk berprestasi. Lalu bagaimana memilih dan masuk dalam organisasi yang mampu mengembangkan kemampuan kita ? . pertanyaan tersebut wajib ada bagi para calon aktivis kampus. Berikut beberapa tips berorganisasi dengan baik dan asyik :

1.   Pilih Sesuai Kebutuhan

kematangan berpikir kita dalam memasuki dunia pergaulan yang lebih luas dipertaruhkan. Sebelum memilih suatu organisasi tentu , tentu organisasi tersebut memiliki sesuatu  yang kita butuhkan, sehingga dalam menjalani atau mengikuti kegiatan organisasi tersebut kita akan merasa enjoy, senang, dan mengalir apa adanya, karena kita merasa bahwa kita butuh organisasi tersebut, bukan organisasi yang butuh kita. Semisal, masuk kelompok music ataupun teater untuk kebutuhan kita mengembangkan bakat seni yang dimiliki, tentu dengan senang hati kita akan mengikuti kegiatan yang telah diagendakan tersebut dengan segala ketulusan hati, karena kita merasa perlu untuk mengikuti .

2.   Pilih sesuai dengan bakat

Setiap manusia memiliki bakat
yang berbeda-beda yang harus dikembangkan terus menerus. Dan manusia diperintah untukmengembangkan bakat yang dimilikinya untuk menjalani kehidupan , karena bakat tersebut merupakan modal yang diberikan tuhan bagi kita untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu kita harus mencari suatu organisasi yang mempunyai kegiatan ataupun misi sesuai dengan bakat yang kita miliki. Sebenarnya banyak organisasi yang mampu menuntun kita untuk mengembangkan minat dan bakat kita dan tinggal kita yang menentukan, organisasi mana yang cocok untuk menyalurkan bakat kita. Contohnya, Pers Mahasiswa memberikan kesempatan bagi kita untuk mengembangkan bakat di bidang menulis, MAPALA dapat membantu pengembangan bakat dalam kegiatan-kegiatan yang ada semisal, dalam ranah sosial, menjadi relawan bencana alam.

3.   Pelajari visi dan misi organisasi tersebut

Setiap organisasi memiliki arah dan tujuan yang disepakati oleh anggota-anggota organisasi tersebut. Ini menjadi hal yang penting kita amati karena nantinya jika kita bergabung dengan organisasi tersebut secara otomatis kita harus melanjutkan visi dan misi sebelumnya, kemudian mengambil langkah penting untuk mengembangkannya sesuai dengan keadaan.

4.   Siapkan Fisik dan Mental

Tak bisa diingkari bahwa senioritas masih diusung di beberapa organiasasi, dan apabila kita menemui hal tersebut maka siapkan mental yang baik. Namun tak perlu memiliki kekhawatiran lebih, hadapi dan jalani saja karena itu merupakan salah satu cara pendewasaan kita. Selain mental, fisik harus menjadi perhatian bagi kita. Kegiatan perkuliahan yang padat dan di- tambah kegiatan organisasi yang beragam akan berpengaruh besar pada kesehatan. Maka dari itu jangan lupa perbanyak minum air putih.

5.   Carilah posisi yang strategis dalam organisasi sesuai dengan kemampuan Anda
Dalam bergabung dalam sebuah organisasi kita harus memiliki target posisi apa yang diinginkan yang tentunya sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita. Pemilihan posisi yang tepat akan banyak bepengaruh untuk melakukan perubahan dan mendapatkan keuntungan dalam berorganisasi
, karena dengan posisi yang sesuai dengan kemampuan kita, kita akan lebih enjoy melaksanakan tugas yang kita emban dan dapat mengembangkan kemampuan atau bakat kita.

6.   Munculkan ide-ide kreatif

Ketika bergabung dalam organisasi jangan pernah bertanya tentang apa yang organisasi tersebut berikan pada kita, tapi tanamkan dalam hati dengan kalimat apa yang bisa kita berikan untuk organisasi tersebut.
Hal itu sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, karena kalau tidak kita tentu akan beranggapan bahwa apa-apa yang kita lakukan untuk organisasi yang kita ikuti hanya sia-sia saja dan akan selalu mengeluh karena tidak dapat imbalan dari organisasi tersebut. Jadi bila memang sudah bertekat untuk berorganisasi, maka lakukanlah dengan sepenuh hati, jangan pernah mengharap apapun dari organisasi tersebut. Munculkanlah Ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat  membatu bagi kelangsungan hidup organisasi tersebut. Orang menanam, pasti akan memanen. So, explore your mind and be a creative person.

7.   Selalu jaga kekompakan dan hindari perselisihan antar anggota

dalam menjalani perjalanan hidup, semua orang pasti akan menemui yang namanya masalah, apalagi dalam berorganisasi, jadi jagalah selalu kepercayaan sesama anggota, buat sesama anggota merasa happy dengan kita, hindari perselisihan, cepat carikan jalan keluar bila ada masalah, karena masalah itu bgaikan bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak dan menghancurkan semua yang ada di dalamnya.

8.   Taati peraturan dalam organisasi

Bergabung artinya melebur. Taati peraturan yang ada di organisasi tersebut dan disanalah kita akan belajar disiplin, bekerja sama dan toleransi. Sudah bukan jamannya lagi prinsip 3K (kos, kampus, Kuliah) diterapkan. Ada banyak hal yang bias kita lakukan untuk pengembangan diri dan berjuang untuk bangsa. Baca biografi orang-orang hebat di dunia ini dan temukan bagaimana organisasi mampu mengubah pandangan, karakter dan kehidupan mereka. Selamat Mencoba. Salam Perubahan.



LPM TERMA (maman), diambil  dari beberapa sumber.

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons