Rabu, 28 September 2011

Mata Kuliah MSI pada Stadium Generale STAIP Pati Tahun 2011

STAI Pati mengadakan Stadium Generale (kuliah perdana) mahasiswa tahun 2011 di aula gedung A lantai I, Jum’at (23/9). Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Kantor Kemenag Pati, H. Ahmad Mudzakkir, M.Si. Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB.
Dalam kuliah perdana itu, narasumber menyampaikan mata kuliah Metodologi Studi Islam (MSI). Judul makalahnya adalah “Upaya Pengembangan Ilmu-Ilmu Islam untuk Membangun Umat yang Modern dan Religius. Dalam ceramahnya, beliau menuturkan bahwa Islam adalah agama yang sempurna. Dengan tiga pilarnya aqidah, syariah dan akhlak yang membentuk sebuah sistem. Akidah bermuara pada ilmu pengetahuan, syariah bermuara pada teknologi dan akhlak bermuara pada seni. Ketiga pilar diatas -jika dikembangkan dengan baik- diyakini bisa untuk membangun umat Islam yang tidak hanya modern tapi juga  religius.
Para peserta seminar sangat antusias mengikuti perkuliahan. Hal ini terbukti ketika sesi tanya jawab banyak para mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait dengan tema. Sebalum akhir penutupan, Ahmad Fatah, M.Si, selaku moderator,  membacakan hasil kesimpulan perkuliahan. “Dari paparan makalah diatas dapat disimpulkan point-point penting yaitu bahwa Islam adalah agama yang sempurna, maka jika ajaran tersebut diaplikasikan (breakdown) dalam kehidupan sehari-hari maka Islam dapat menjadi solusi menghadapi problematika modernitas yang memiliki kompleksitas yang tinggi. Selanjutnya perilaku keberagamaan pemeluk Islam di indonesia terpecah-pecah. Fenomena ini sering menimbulkan ketegangan antar umat Islam di indonesia. Terakhir, melihat kenyataan bahwa modernisasi yang cenderung mendewakan teknologi dan mengabaikan nilai-nilai religius”, jelasnya.
dari kasus diatas, merupakan peluang sekaligus tantangan bagi  mahasiswa STAIP, baik tarbiyah maupun syari’ah,  untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu keislaman sehingga harapan terwujudnya umat yang modern dan religius tidak sekedar impian.(NK)

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons