Selasa, 09 Agustus 2011

ARIFIN


TINJAUAN LAMA PERAWATAN, PENYAKIT PENYERTA DAN DATA EPIDEMIOLOGI DESKRIPTIF PASIEN RI JAMKESMAS DENGAN KASUS PENYAKIT TYPHOID PADA BULAN JANUARI-AGUSTUS TAHUN 2010 DI RS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Salah satu indikator rawat inap untuk menilai efisiensi pelayanan kesehatan rawat inap yaitu AvLOS  ( Average Length Of Stay ) yang merupakan rata-rata jumlah hari pasien rawat inap tinggal di rumah sakit, tidak termasuk bayi lahir. Berdasarkan Barber Johnson, standar ideal efisiensi AvLOS adalah 3-12 hari. Hasil survey awal yang dilakukan peneliti di RS. Islam Sultan Agung pada 10 DRM kasus Typhoid pasien RI Jamkesmas pada bulan Januari sampai Agustus tahun 2010 sebanyak 2  diantaranya terdapat pasien yang memiliki masa perawatan melebihi standar INA DRG (Diagnoses Related Groups). Pembayaran klaim jamkesmas didasarkan atas LOS rata-rata sesuai standar INA DRG. Apabila rata-rata LOS di Rumah sakit melebihi standar maka kelebihan LOS menjadi tanggungjawab rumah sakit dan tidak dapat diklaimkan kepada asuransi. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui lama perawatan (LOS), penyakit penyerta dan data epidemiologi deskriptif pasien RI Jamkesmas dengan kasus penyakit Typhoid pada bulan Januari-Agustus tahun 2010 di RS. Islam Sultan Agung Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Subjek penelitian adalah pasien Jamkesmas penderita Typhoid. Objek penelitiannya adalah indeks penyakit kasus Typhoid dan DRM.
Berdasarkan hasil penelitian penyakit Typhoid pada pasien Jamkesmas tahun 2010 banyak terjadi pada golongan umur 5-14 tahun dengan persentase sebesar 45%. Penderita rata-rata berjenis kelamin perempuan dengan persentase 53%, terjadi di daerah Semarang Timur dengan persentase sebesar 45% dan pada bulan Januari dengan persentase sebesar 15%. Penderita Typhoid yang memiliki penyakit penyerta sebesar 53,03% sedangkan yang tidak memiliki penyakit penyerta sebesar 46,97%. Penyakit penyerta yang lebih dari 1 sebesar 25,71%, sebagian besar menderita DHF sebesar 22,85%. Penderita Typhoid dengan LOS sesuai standar LOS DRG sebesar 88% sedangkan yang melebihi standar LOS DRG sebesar 12%.
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penyebab memanjangnya masa perawatan pasien penderita Typhoid.

Kata kunci       : Lama Dirawat, Typhoid
Kepustakaan   : 20 (1993 – 2010)

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons